Ciri-ciri perusahaan beresiko suspend


Dalam suatu investasi banyak orang-orang yang mengalami keuntungan hasil dari investasi, namun ada juga yang hanya gigit jari ketika saham yang dikoleksinya disuspend atau diberhentikan perdagangan sahamnya, alhasil uang yang mereka investasikkan tidak tumbuh uangnya dan tidak bisa ditarik sampai perusahaan dibuka kembali suspendnya.

Oleh karena itu penting sekali mengidentifikasi saham yang bakal disuspend oleh BEI, Bagaimana sih ciri-ciri perusahaan yang mau disuspend ? Simak ulasan berikut ini :

1. Hutangnya bayak
Idealnya perusahaan yang bagus memiliki der dibawah 1, perusahaan yang der nya diatas 1 berisiko dalam pembayaran hutangnya.

2. Munculnya sentimen negatif
Perusahaan yang bermasalah tidak luput dari sorotan media,kalian tinggal cek aja beritanya biasanya akan muncul berita tentang bagaimana kinerjanya dan ada malasah apa pada manajamennya.

3. Penurunan peringkat dari pepindo

Hal yang utama kita cek yaitu peringkat hutang obligasi dari pepindo,apabila pepindo menurunkan peringatnya tentunya perusahaan diragukan oleh pepindo dalam pelunasan hutangnya. 

Perusahaan yang bagus memiliki peringkat dari pepindo AAA,adapun perusahaan yang sudah meragukan apabila peringkatnya sudah CCC,oleh sebab itu ketika perusahaan sudah memiliki peringat B kita sudah mulai waspada,untuk mengetahui peringkat pepindo bisa kalian cek di google.

4. Pelaporan keuangannya telat dari perusahaan lain

Ada yang aneh kok laporan keuangannya belum muncul ? hati-hati ini bisa jadi salah satu indikasi kalau perusahaan bermasalah, karena kacaunya keadaan keuangan perusahaan sehingga manajamen sibuk mengurus perusahaan hingga lalai dalam pelaporan keuangan, perusahaan yang sering terlambat dalam pelaporan itu menandakan manajamen yang kurang bagus mereka melalaikan tanggung jawabnya kepada para investor perusahaan.

5. Arus kas negatif

Dalam analisa laporan keuangan jangan lupa liat arus kasnya jangan hanya fokos pada rasio-rasio saja karena hal itu bisa dimanipulasi,terutama cek arus kas operasinya apabila tiap tahun negatif otomatis perusahaan harus ambil hutang untuk menutupinya.

6. Npm kecil

Npm kecil memang perusahaan bisa jalan tapi ketika ekonomi bermasalah akan sangat rentan bisnisnya mengalami kerugian,alhasil mereka tidak bisa bayar hutang otomatis kena suspend.

7. Pemegang saham publik lebih 50%

Beberapa perusahaan yang sudah kena suspend pemegang saham bukan orang manajemen melainkan publik,hal tersebut mengabitkan para manajamen tidak terlalu peduli dengan perusahaan karena mereka tidak banyak punya saham perusahaan,dan ketika perusahaan failed yang rugi juga publik.

Okey teman itu dia penjelasan singkat beberapa ciri-ciri perusahaan yang berisiko disuspend, saran saya kalau niat anda untuk investasi sebaiknya hindari perusahaan tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-ciri perusahaan beresiko suspend"

Posting Komentar